Laman

Senin, 11 Juli 2011

Dekrit Asoka [bukti sejarah bahwa hewan dihargai]

 Ashoka adalah seorang kaisar terbesar di India pada zaman dinasti Maurya. Sebagai penguasa yang cinta damai dari salah satu terbesar di dunia, terkaya dan paling kuat multi-etnis negara, ia dianggap sebagai penguasa teladan, yang mencoba untuk dimasukkan ke dalam praktek etika negara sekuler non-kekerasan.

Menghormati kehidupan hewan

Kekaisaran Maurya adalah kekaisaran India pertama untuk menyatukan negara dan memiliki kebijakan yang jelas mengeksploitasi serta melindungi sumber daya alam dengan pejabat tertentu ditugasi dengan tugas perlindungan. Ketika Asoka memeluk Buddhisme di bagian akhir pemerintahannya, ia membawa perubahan signifikan dalam gaya pemerintahan, yang meliputi perlindungan menyediakan untuk fauna, dan bahkan melepaskan perburuan kerajaan. Dia mungkin penguasa pertama dalam sejarah untuk menganjurkan langkah-langkah konservasi bagi satwa liar. Referensi untuk ini dapat dilihat tertulis di maklumat batu. [3]
Dua puluh enam tahun setelah penobatan saya berbagai hewan dinyatakan untuk dilindungi - burung beo, mainas, / / ​​aruna / /, angsa kemerahan, bebek liar, / / ​​nandimukhas, gelatas / /, kelelawar, semut ratu, terrapins, ikan tanpa tulang, / / vedareyaka / /, / / ​​gangapuputaka / /, / / ​​sankiya / / ikan, kura-kura, landak, tupai, rusa, banteng, / / ​​okapinda / /, keledai liar, merpati liar, merpati domestik dan semua makhluk berkaki empat yang tidak berguna atau dimakan. Mereka pengasuh kambing, domba betina dan induk babi yang dengan susu muda atau memberikan ke muda mereka dilindungi, dan begitu juga orang-orang muda kurang dari enam bulan. Cocks tidak akan caponized, sekam makhluk hidup bersembunyi tidak untuk dibakar dan hutan tidak harus dibakar baik tanpa alasan atau untuk membunuh makhluk. Salah satu hewan tidak diberi makan yang lain.
-Dekrit pada Pilar Kelima
Para fatwa juga menyatakan bahwa banyak mengikuti contoh raja dalam memberikan pembantaian hewan, salah satunya dengan bangga menyatakan:
Raja kami membunuh binatang sangat sedikit.
-Dekrit pada Pilar Kelima 
Asoka tidak sepenuhnya melarang pembunuhan hewan, ia dilarang pembunuhan serampangan (seperti untuk korban )  ia menganjurkan menahan diri dalam jumlah yang harus dibunuh untuk konsumsi, dilindungi beberapa dari mereka, dan pada umumnya mengutuk aksi kekerasan terhadap hewan, seperti pengebirian .
Namun, maklumat Asoka lebih mencerminkan keinginan penguasa dari peristiwa aktual; menyebutkan dari 100 'panas' (koin) baik untuk perburuan rusa di kerajaan berburu mempertahankan menunjukkan bahwa aturan-pemutus memang ada. Pembatasan hukum bertentangan dengan praktek-praktek maka secara bebas oleh masyarakat umum di berburu, menebang, memancing dan membakar di hutan.


Sosial dan kesejahteraan hewan

Menurut dekrit, Asoka merawat besar dari kesejahteraan rakyatnya (manusia dan hewan), dan mereka melampaui perbatasan-perbatasannya, menyebarkan penggunaan perawatan medis, meningkatkan fasilitas di pinggir jalan untuk perjalanan lebih nyaman, dan membangun "petugas dari iman" seluruh wilayah untuk survei kesejahteraan penduduk dan propagasi dari Dharma .

perawatan Obat

Di mana-mana dalam Kekasih-of-the-Dewa, domain Raja Piyadasi, dan antara orang-orang di luar perbatasan, Cholas, yang Pandyas, yang Satiyaputras, yang Keralaputras, sejauh Tamraparni dan di mana bahasa Yunani raja Antiochos aturan, dan di antara raja-raja yang tetangga Antiochos, di mana-mana telah dicintai-of-the-Dewa, Raja Piyadasi, membuat ketentuan bagi dua jenis perawatan medis: perawatan medis untuk manusia dan perawatan medis untuk hewan. Dimanapun tanaman obat cocok untuk manusia atau hewan tidak tersedia, saya telah mereka impor dan tumbuh. Dimanapun akar medis atau buah-buahan tidak tersedia saya telah memiliki mereka diimpor dan tumbuh. Sepanjang jalan saya telah memiliki sumur digali dan pohon yang ditanam untuk kepentingan manusia dan hewan. Rock Edict NB2 (S. Dhammika)

Fasilitas Roadside

Sepanjang jalan saya telah menanam pohon beringin sehingga mereka dapat memberikan keteduhan bagi hewan dan manusia, dan saya memiliki kebun mangga ditanam. Pada interval delapan / / krosas / /, saya telah memiliki sumur digali, istirahat-rumah yang dibangun, dan di berbagai tempat, saya telah menyiram tempat-tempat yang dibuat untuk penggunaan hewan dan manusia. Tapi ini namun prestasi kecil. Hal-hal seperti untuk membuat orang bahagia telah dilakukan oleh raja-raja sebelumnya. Saya telah melakukan hal-hal ini untuk tujuan ini, bahwa orang mungkin berlatih Dhamma. Pilar Dekrit Nb7 (S. Dhammika)

Pejabat iman

Di masa lalu tidak ada Mahamatras Dhamma tetapi perwira tersebut ditunjuk oleh saya tiga belas tahun setelah penobatan saya. Sekarang mereka bekerja di antara semua agama untuk pembentukan Dhamma, untuk promosi Dhamma, dan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan semua yang dikhususkan untuk Dhamma. Mereka bekerja di antara orang Yunani, yang Kambojas , yang Gandharas, yang Rastrikas, yang Pitinikas dan orang lain di perbatasan barat. Mereka bekerja di antara para prajurit, pemimpin, Brahmana, perumah tangga, orang miskin, orang tua dan mereka yang dikhususkan untuk Dhamma - untuk kesejahteraan dan kebahagiaan - sehingga mereka dapat bebas dari pelecehan. Rock Edict Nb5 (S. Dhammika)


tulisan prasatinya :


























*maaf jika tulisannya gak jelas dibaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...